Digital Marketing di Era Globalisasi

Halo Sobat Dunia Kampus, perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini berpengaruh bagi masyarakat dan  juga berbagai kegiatan bisnis baik besar maupun kecil. Contoh dampak yang dirasakan yaitu seperti peningkatan jumlah penjualan dan juga profit yang diterima. Salah satu media pemasaran yang memberikan pengaruh cukup besar yaitu digital marketing. Digital marketing adalah  strategi pemasaran produk maupun jasa yang dilakukan dengan media digital yaitu internet dan media sosial. Strategi pemasaran ini bertujuan agar dapat mempromosikan produk kepada konsumen dengan jangkauan yang luas secara efisien, personal dan relevan. Mengingat bahwa masyarakat  yang saat ini sudah beralih menggunakan media digital, internet dan media sosial. Teknologi yang terus berkembang dan ditambah lagi dengan adanya Pandemi Covid-19, memaksa semua orang untuk terus berada dirumah setiap harinya dan melakukan segala aktivitas sehari-hari menggunakan sarana digital.

Kali ini saya ingin menjelaskan mengapa digital marketing itu sangat penting dan bermanfaat bagi wirausahawan ketika baru merintis usaha atau bisnisnya. Era globalisasi mengharuskan para wirausahawan untuk terus dapat berinovasi agar dapat bersaing dan tidak tertinggal dengan yang lain. Berikut beberapa alasan pentingnya penggunaan digital marketing bagi wirausahawan, yaitu :

  • Dapat menjangkau pasar melalui internet dengan mudah                   

Internet saat ini tengah menjadi andalan bagi para konsumen untuk menemukan produk yang dicari. Dengan banyaknya pengguna internet tentu memberi kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk memperkenalkan produk kepada publik. Internet memungkinkan bisnis kamu dapat terhubung dengan konsumen secara cepat dan luas. Sebagian besar konsumen kini lebih memilih internet sebagai sarana untuk menemukan produk yang dicari. Ketika konsumen mengenal produk dan jasa yang kamu miliki, besar kemungkinan mereka bisa membeli atau berkonsultasi secara langsung melalui gadgetnya ketimbang harus datang ke tempat yang berpotensi membuatnya menjadi ragu. Karena menurut mereka cara tersebut lebih praktis dan efisien.

  • Mudah menemukan konsumen yang kita tuju  

Melalui digital marketing, bisnis yang kamu tawarkan dengan mudah mampu menjangkau konsumen yang tengah mencari produk yang sesuai. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk meningkatkan konversi penjualan produk atau memberikan pelayanan jasa kepada publik. Dengan digital marketing pula kamu dapat melayani semua pelanggan tanpa secara langsung sehingga jauh lebih efisien. Apalagi dengan kondisi seperti saat ini tentu akan membuang waktu lebih banyak. Dengan digital pula kalian dapat memberikan pelayanan dengan efektif dan efisien, dimanapun dan kapanpun.

  • Meningkatkan potensi profit

Keuntungan tentunya menjadi tujuan semua orang dalam menjalankan bisnis. Maka dari itu, memaksimalkan teknik marketing digital juga bisa meningkatkan peluang keuntungan Anda. Sebab, transaksi dilakukan secara online sehingga menghemat segala biaya yang mungkin ada pada transaksi tradisional. Bahkan, potensi keuntungan yang dapat anda  terima bisa meningkat hingga berkali-kali lipat, karena itu anda harus memaksimalkan segala elemen pemasaran digital.

  • Memudahkan saat melakukan evaluasi

Internet merupakan akses terbuka dimana bisnis kamu dapat terhubung oleh berbagai portal secara online. Ketika sebuah bisnis ditampilkan bersamaan dengan bisnis lainnya, tentu saja kamu bisa melihat kelebihan dan kekurangan pada bisnis yang sedang dijalankan. Dengan begini juga bisa melihat kekuatan dan kelemahan untuk selanjutnya dapat menjadi bahan evaluasi ke depannya. Apakah ada fitur atau layanan yang harus di perbaiki, strategi pemasaran yang seperti apa dan lain sebagainya. Hal ini yang memudahkan kita untuk melakukan perubahan atau perbaikan pada hal-hal yang mungkin belum optimal.

  • Membuat bisnis yang anda jalankan terlihat lebih profesional

Era digital membuat bisnis yang tidak menggunakan internet dinilai sebagai bisnis yang ketinggalan. Karena mereka menilai bahwa produk dari bisnis yang tidak memanfaatkan internet akan sulit untuk dijangkau oleh konsumen. Dan kualitas dari produk tersebut terkesan tidak cukup baik. Digital marketing akan memberikan kesan positif terhadap konsumen. Karena bisnis akan terlihat lebih professional dan pasti banyak diminati.

  • Lebih menghemat biaya

Digital marketing bisa dikatakan relatif lebih hemat dan efektif jika dilihat dari sisi tenaga dan waktu yang dikeluarkan dibanding traditional atau konvensional marketing. Karena dalam digital marketing anda hanya membutuhkan sebuah laptop dan keahlian atau mencari bantuan professional dari digital marketing agency untuk membantu digital marketing bisnis anda.

Sebelum saya menjelaskan macam-macam strategi dalam digital marketing, saya akan menjelaskan terlebih dahulu yaitu jenis-jenis digital marketing. Setiap jenis dari digital marketing tentunya pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut jenis-jenis digital marketing, yaitu :

  • Search Engine Marketing (SEM) merupakan promosi situs web agar mengundang banyak pengunjung dengan beriklan di mesin pencari.
  • Pay Per Click (PPC) merupakan salah satu digital marketing yang populer dengan metode beriklan pada suatu platform, di mana pengiklan (advertiser) hanya membayar bila ada yang klik iklannya.
  • Content Marketing merupakan cara pemasaran yang fokus kepada pembuatan dan pendistribusian konten.
  • Social Media Marketing (SMM) adalah cara pemasaran atau promosi melalui media sosial
  • Audio Visual Atau Video Marketing merupakan media kreatif untuk mempromosikan produk dan jasa kamu dapat dibuat dengan genre nyata hingga animasi 2D dan 3D.
  • Email Marketing adalah pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan email sebagai medianya.

Setiap pelaku usaha pastinya menginginkan bisnis yang ia jalankan mendapat keuntungan yang selalu bertambah. Perlu usaha yang maksimal untuk mencapai target penjualan produk yang maksimal pula. Bagi perusahaan yang ingin memperbaiki dan meningkatkan kondisi pemasaran mereka, perlu adanya sebuah perencanaan pemasaran terutama dalam hal strategi pemasaran produk. Salah satu model perencanaan digital marketing adalah SOSTAC (Situation analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Action, Control)

  • Analisis Situasi (Situation Analysis).

Tahap pertama mengaplikasikan kerangka kerja rencana digital marketing adalah menganalisis situasi. Situasi yang kita kaji harus merefleksikan gambaran faktor-faktor yang berpengaruh terhadap organisasi, baik internal dan eksternal. Dalam kajian situasi, kita melakukan pengecekan mengenai siapa diri kita, apa yang kita lakukan, dan bagaimana kita berinteraksi serta melakukan transaksi secara daring. Tahapan ini mampu memberikan gambaran mengenai organisasi kita dan untuk mencapai hal ini, kita perlu menggunakan metode-metode. Berikut ini metode-metode untuk mendapatkan hasil maksimal, yaitu :

  1. Siapa konsumen digital kita saat ini.
  2. Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats).
  3. Analisis kompetitor.
  4. Lanskap kanal digital.

  • Tujuan (Objectives).

Tahap kedua mengaplikasikan kerangka kerja rencana digital marketing adalah fokus terhadap tujuan-tujuan yang ingin dicapai melalui strategi yang akan kita rumuskan. Setelah tahap pertama kita menganalisis situasi yang memberikan gambaran mengenai keadaan organisasi, kita mulai menentukan tujuan terukur dan realistis yang akan diraih melalui strategi digital marketing. Dalam menentukan strategi, ingat 5 S dan pastikan mencapai setiap tujuan secara SMART. 5 S adalah singkatan dari Sell, Serve, Speak, Save, and Sizzle. Kemudian rumuskan masing-masing variabel tersebut secara SMART (Specific, Measurable, Actionable, Relevant, dan Time-related).

  • Strategi (Strategy).

Strategi adalah cara perusahaan mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan dan diketahui bersama. Dalam menyusun strategi, segmen konsumen yang dituju dan dilayani harus tertera di dalam rencana.

  • Taktik (Tactics).

Taktik adalah turunan mendetail dari strategi. Taktik mencakup alat-alat spesifik yang digunakan untuk mencapai tujuan digital marketing. Untuk mencapai tujuan tersebut, gunakan 7P Marketing Mix yang berfokus pada atribut-atribut kunci yang perlu diperhatikan Perusahaan X untuk meraih tujuan. 7P Marketing Mix tersebut adalah Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Partnerships.

  • Aksi (Action).

Tahap kelima mengaplikasikan kerangka kerja rencana digital marketing adalah membawa rencana menjadi kenyataan dalam bentuk aksi yang terukur. Dalam tahap aksi, SOSTAC mencakup hal apa saja yang diperlukan untuk melaksanakan taktik.

  • Kontrol (Control).

Tahap final mengaplikasikan kerangka kerja rencana digital marketing adalah memonitor dan mengukur performa berbasis tujuan yang ditetapkan pada tahap dua. Perhatikan taktik-taktik yang sudah ditetapkan dan lakukan kontrol saat melaksanakan semua taktik tersebut. Hal ini juga dapat disebut Key Performance Indicator (KPI).

Itulah penjelasan tentang digital marketing. Wirausahawan mulai sekarang harus menerapkan digital marketing agar bisnisnya terus berkembang dan tidak ketinggalan dari yang lain.

Referensi

https://finance.detik.com/ekonomi-bisnis/d-4737684/begini-jenis-dan-contoh-digital-marketing-agar-bisnis-berkembang

https://www.tamasia.co.id/manfaat-digital-marketing/

https://gintong.me/2016/06/07/merencanakan-digital-marketing-dengan-sostac/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REKOMENDASI FILM ROMANTIS INDONESIA YANG WAJIB KAMU TONTON DITAHUN INI